Kelompok Tani Gemah Ripah Jadikan Kopi Komoditas Utama Desa Blimbing

Sosok Bapak Rohadi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Desa Blimbing, Kecamatan Boja, Kabupaten  Kendal. Sebagai ketua kelompok Tani Gemah Ripah, Rohadi mempunyai misi besar dalam memajukan Desa Blimbing melalui “ Study Banding” di berbagai tempat salah satunya di kebun milik Bapak Widodo. Kelompok Tani Gemah Ripah Dusun Nglarangan ini merupakan salah satu kelompok tani terproduktif diantara Dusun-dusun lainnya di desa  Blimbing sejak tahun 2015. Dengan adanya pembinaan terhadap anggota kelompok tani diharapkan akanmeningkatkan rasa percaya diri petani dan meningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk anggotanya.

 

Rohadi, begitulah  sapaan akrab beliau, mengaku sangat senang bias menjadi ketua Kelompok Tani. “Saya dari kecil menyukai pertanian, makanya saya sekarang ini berprofesi menjadi petani,” terang bapak satu anak ini.

 

Dalam perkembangan usaha Kelompok Tani Gemah Ripah, Pak Rohadi terus memberikan dukungan baik dari segi pendampingan maupun memberikan pengetahuan ilmu pertanian kepada anggotanya, serta mengajarkan pembuatan pupuk kompos yang memanfaatkan lumbu dan kotoran kambing. Beliau juga berkontribusi dalam pembangunan sarana dan prasarana dalam memasarkan produk kopi Kelompok Taninya. Pembangunan rumah pemasaran tersebut bertujuan untuk memudahkan petani untuk menjual hasil panennya. “Tahun 2016 ,saya pernah ikut pelatihan pertanian di Kabupaten Kendal dan pengembangan usaha tani,” ungkapnya.

 

Ada dua jenis komoditas yang diproduksi oleh kelompok Tani Gemah Ripah adalah jenis kopi Exselsa dan Robusta. Namun, jenis komoditas unggulan mereka adalah jenis kopi exselsa. Selain Rohadi, kelompok Tani Gemah Ripah juga merasakan keuntungan telah bergabung menjadi salah satu anggota kelompok Tani Gemah Ripah yaitu Pak Teguh. Dimana kelompok Tani Gemah Ripah ini telah berdiri sejak tahun 1989.

 

Produksi kopi yang dihasilkan oleh kelompok Tani Gemah Ripah adalah sekitar 2 ton lebih setiap satu tahun sekali. Pemasaran kelompok Tani ini sudah sampai luar Jawa .“ Saya berharap setiap tahunnya produksi hasil panen dapat terus meningkat,” ungkapnya.

 

Bapak Kades, Sutrisno mengaku bangga melihat kelompokTaniGemahRipah yang berkembang semakin pesat. Sebab, kemajuan bias dicapai bersama dengan kemajuan pengetahuan serta inovasi dari para petaninya.

 

“Hal yang luar biasa melihat kesuksesan kelompok Tani Gemah Ripah. Kita bangga dan senang melihat mereka kini berhasil, baik dari segi usaha maupun segi pendapatan. Saat kita Tanya hasil panennya untuk apa, mereka menjawab untuk pendidikan anaknya dan untuk membeli sebidang tanah untuk bias memperluas area pertaniannya.” Terang ibu Rohadi

Bu Rohadi berharap, dengan suksesnya kelompok Tani Gemah Ripah, bias menjadi contoh bagi kelompok Tani lain untuk lebih berusaha agar semua petani dapat maju bersama-sama.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan