KRIPIK JAGUNG “SEKAR BLIMBING”

Boja, (12/09/17) – Desa Blimbing, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal merupakan salah satu desa yang memiliki home industri.  Salah satu usaha rumahan tersebut adalah usaha Keripik Jagung yang dinamakan dengan “Sekar Blimbing”. Home Industry Keripik Jagung berdiri sejak tahun 2012. Pemilik dari usaha tersebut bernama Bu Fatonah. Usaha Keripik Jagung ini berada di dusun Dawung RT 04 RW 05.

Keripik jagung Bu Fatonah dibuat dengan bahan dasar tepung jagung, dan beberapa bahan tambahan lain seperti garam, dan bawang putih. Pembuatan Keripik ini dilakukan secara manual. Proses pengeringan juga dilakukan secara manual dengan dijemur dengan mengandalkan panas matahari. Keripik ini dipasarkan dalam bentuk produk siap goreng.

Ada tiga varian rasa yaitu original, pedas, dan keju.Keripik origininal 200 gr dijual dengan harga Rp15.000,00,  rasa pedas kemasan 150 gr dijual dengan harga Rp15.000 dan rasa keju kemasan 200 gr dijual dengan harga Rp20.000,00.

Keripik jagung ini merupakan makanan khas dari Desa Blimbing. Masyarakat sekitar biasanya menjadikan keripik jagung ini sebagai makanan oleh-oleh. Hebatnya pemasaran produk ini sudah sampai ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Banyaknya peluang home industri ini untuk berkembang sayangnya harus terkendala pada proses produksinya. Tidak adanya karyawan dan kurangnya fasilitas untuk mencetak maupun membuat keripik ini menyebabkan terbatasnya jumlah produk yang dipasarkan.

Izin usaha dari PIRT yakni izin untuk industri skala rumahan. Harapan dari seorang ibu fatonah yakni semoga kelak memiliki mesin untuk mempercepat proses produksi, dan produknya lebih dikenal oleh seluruh masyarakat. (Devy/Kidung).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan